Masuki Tahun Ajaran Baru, Fullday Daqu Seluruh Indonesia Gelar Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah

0
31

Memasuki tahun ajaran baru, Unit Fullday Daarul Qur’an melaksanakan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) atau biasa disebut first day school/orientation day. Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari, tanggal 14 dan 15 juli 2022.

MPLS merupakan pembekalan awal untuk siswa/siswi baru. MPLS ini dilakukan sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) nomor 18 tahun 2016 tentang pengenalan lingkungan sekolah bagi siswa baru.

MPLS diadakan secara tatap muka di masing-masing unit Fullday, Tangerang, Kalibata City, Bassura City, Cimanggis, Semarang dan Banyuwangi. Kegiatan ini diikuti oleh 264 peserta di seluruh unit Fullday.

MPLS unit Fullday tahun ini mengusung tema “Be Smart, Religious and Amazing Generation”. Selain para murid, orangtua juga diperkenalkan tentang profil sekolah. Di awal kegiatan, perwakilan wali murid secara simbolis menyerahkan peserta didik baru untuk kegiatan mengenal lingkungan sekolah ini.

Untuk siswa siswi KB-TK, kegiatan MPLS hari pertama diisi dengan jurnal pagi (pengkondisian anak), opening, gross motor/fun game, dilanjutkan dengan pengenalan lingkungan sekolah, snack time dan diakhiri dengan closing dan penjemputan.

Pada hari kedua diawali dengan jurnal pagi, opening, pengenalan ruang kelas, senam dan fun games, snack time lalu diakhiri dengan closing serta pembagian seragam sekolah.

Adapun untuk siswa/siswi SD kegiatan yang dilaksanakan yaitu penyambuatan kedatangan, shalat dhuha, dzikir, doa, pembukaan, perkenalan (perkenalan homeroom dan perkenalan ananda), snack time, perkenalan lingkungan sekolah, serta fun activities (senam, bermain dan memasak bersama).

Pada hari kedua diawali dengan penyambutan, shalat dhuha, dzikir, doa, tahsin dan tahfizh (membaca doa, membaca huruf hijaiyah, membaca Kaidah Daqu, murojaah, doa setelah membaca Al-Qur’an), snack time lalu diakhiri dengan dongeng edukatif.

Tujuan lain selain pengenalan lingkungan sekolah ialah agar ananda bisa memiliki karakter yang kuat, cerdas dan relijius dalam menghadapi era 4.0 menuju generasi emas.

Diharapkan kegiatan ini mampu memberikan kesan positif dan menyenangkan kepada peserta didik baru serta membantu ananda untuk mengenal lingkungan lebih banyak. Selain itu, ananda juga bisa beradaptasi dengan lingkungan sekolah.