Ponpes Daqu Raker di Anyer

0
279

Jelang Tahun Ajaran Baru 1433-1434 H/ 2012-2013 M, Pesantren Tahfidz Daarul Qur’an Tangerang menggelar rapat kerja di Anyer, Serang, Banten. Kegiatan yang diprakarsai  Kepala Pendidikan Daarul Qur’an  ini berlangsung pada 3 hingga 5 Mei 2012. Pesertanya terdiri pengurus teras Yayasan Daarul Qur’an Indonesia, dan seluruh pimpinan unit pendidikan baik dari Cikarang, Ketapang, Lampung, maupun Semarang.

‘’Kegiatan Raker ini sekaligus forum evaluasi dalam upaya membangun integrasi kurikulum yang terstruktur di Daarul Qur’an,’’ jelas Abdoel Rochimi MA, Manager Pendidikan YDQI.

Raker berhasil menyusun ulang konsep visi dan misi, serta menyusun kurikulum jenjang Program I’Daad, TK, SD, SMP, SMA Daarul Qur’an di lingkungan Yayasan Daarul Quran Indonesia.

Ketua panitia raker Drs H Sukman Hermawan bersyukur, kurikulum 2012-2013 dapat tersusun. Sebab, katanya, “Kurikulum merupakan jantung pendidikan, sehingga kita harus merawat jantung agar tetap hidup dinamis, terukur dan terarah dan tercapai tujuan sesuai  visi misi Daarul Qur’an.”
Raker ditongkrongi langsung dari awal sampai akhir oleh Ketua YDQI Ustadz Ahmad Jameel MA. Dalam amanatnya paad pembukaan raker, Ustadz Jameel berpesan, “Daarul Qur’an harus menjadi generasi yang mendahulukan Allah. Kurikulum Daarul Qur’an harus senantiasa menjadi new model dalam sistem pendidikan. Kalaupun kemudian banyak yang mengadopsi Sistem Tahfidz Daarul Qur’an, biarlah itu menjadi amal jariyah kita yang semoga terus mengalirkan pahala buat seluruh sivitas akademika.”
Raker tak melulu jadi ajang dikusi. Seperti biasa, di sela-selanya para peserta tetap menjaga Daqu Methode, seperti qiyamul lail, dzikir, dan tak ketinggalan futsal serta main games. (UR)

VISI

TERWUJUDNYA KUALITAS PENDIDIKAN BERBASIS DAQU METHODE YANG UNGGUL, KOMPETITIF SERTA MANDIRI BERAKHLAKUL KARIMAH DALAM MENYONGSONG DAN MENGHADAPI GLOBALISASI.

MISI

  1. KOMITEN TERHADAP KUALITAS PENDIDIKAN BERBASIS DAQU METHODE  PADA PPPA DAARUL QUR’AN (Pendidikan Pengembangan Penghafal Al-Qur’an).
  2. MENJADIKAN MOTIVATOR DAN FASILITATOR MENUJU PENDIDIKAN YANG MAJU DAN MANDIRI SERTA SEBAGAI PUSAT LITBANG IPTEK DAQU METHODE.