Grand Opening Milad Daqu ke-19, Rise Up Together

0
26

Tak lama lagi Daarul Qur’an memasuki usia 19 tahun. Sejak berdirinya pada 5 Juli 2003, Daarul Qur’an melewati berbagai dinamika sebagai sebuah lembaga islam di tanah air tercinta. Maka tajuk “Rise Up Together” sekali lagi mengingatkan Insan Daqu agar selalu bangkit dalam situasi apapun.

Namun, dalam porses bangkitpun harus selalu menyertai Al-Qur’an sebagai jalan hidup seorang muslim. Seperti yang diungkapkan Ustadz Tarmizi Ashidiq, Pimpinan Daarul Qur’an Direkorat Ekonomi, saat memberi sambutan dalam Grand Opening Milad Daqu ke-19 yang digelar di lapangan futsal Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an Tangerang, Rabu (15/06).

“Seperti kata guru kita, KH Yusuf Mansur, kita harus bangkit bersama Al-Qur’an,” tutur beliau.

Dalam kesempatan itu pula Ustadz Tarmizi mengajak insan Daqu merefleksikan diri pada sejarah kebangkitan nasional dan kebangkitan Islam.

“Mengangkat tema tersebut karena semoga kita semua bisa bangkit. Kalau kita berkaca kebangkitan nasional, kebangkitan islam. Kalau kita berkaca pada kebangkitan nasional, maka kebangkitan dari penjajahan. Kalau berkaca pada kebangkitan islam, maka bangkitnya literasi,” jelasnya.

Rangkaian Milad Daqu ke-19 yang resmi dibuka tersebut menggelar pertandingan berbagai mata lomba untuk insan Daqu. Selain lomba, rangkaian tersebut juga diisi beragam acara. Perlombaan sendiri berlangsung hingga tanggal 25 Juni mendatang.

Terdapat 23 mata lomba seperti futsal, bulu tangkis, tenis meja, balap karung, balap sarung, estafet kelereng, tarik tambang, karaoke, dan lain sebagainya yang pastinya memeriahkan suasana. Di hari pembukaan ini, akan digelar 11 mata lomba, termasuk balap karung, tarik tambang, futsal serta bulutangkis.

Selanjutnya, seperti diungkap Ketua Divisi Acara Milad Daqu ke-19, Ustadzah Dina Anggraini, rangkaian berlanjut pada acara Dzikir Munajat, Dzikir Dhuha dan Khataman Bersama yang digelar 29 Juni mendatang. Kemudian di tanggal 4 Juli atau sehari sebelum hajatan akbar utama Milad Daqu ke-19, akan dilaksanakan Tabligh Akbar bersama asatidz dan Pimpinan Daarul Qur’an.

Rangkaian ditutup dengan acara puncak, tepat di tanggal Daarul Qur’an lahir. Acara dibuka dengan Fun Walk atau jalan sehat dari Pesantren Daqu Tangerang menuju Institut Daarul Qur’an. Peserta yang mengikuti fun walk akan diberikan kupon untuk berkesempatan mendapat doorprize.

Acara dilanjut dengan membersihkan lingkungan sekitar Pesantren Daqu dan Idaqu. Kemudian pembagian hadiah doorprize menutup seluruh gelaran meriah Milad Daqu ke-19 ini.

Keseruan belum usai. Insan Daqu juga juga bisa mengikuti lomba yang digelar via sosial media. Lomba tersebut yakni pembuatan konten menarik di platform Tiktok menggunakan backsound lagu “Mars Daqu”. Pemenang akan diberi hadiah menarik serta karyanya diposting di Instagram Pesantren Daqu.

Informasi lengkap tentang rangkaian Milad Daqu ke-19 juga bisa dilihat di Instagram Pesantren Daqu.