LDK dan Muker OSDAQU: Belajar Menjadi Pemimpin Dimulai dari Pesantren

0
24

Pada Senin, 1 Agustus 2022, Seluruh santri kelas 12 Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an Tangerang mengikuti kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) yang diselenggarakan Pengasuhan Santri Pesantren Daqu Tangerang. Acara yang digelar tiap tahun ini makin meriah dengan hadirnya Tim Daqu Training Center (DTC) sekaligus memandu acara.

Kegiatan dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama berlangsung pagi hari. Tim DTC mengajak para santri kelas 12 untuk bermain games. Bukan sembarang games, tapi lewat permainan ini para santri dilatih menjadi seorang pemimpin. 

Ragam games ini terdiri dari oper bola, tebak kata, Delivery Message, dan lain-lain. Konsep Learning by Doing diharapkan materi lebih mudah diserap oleh para santri. 

Permainan ini melatih para santri untuk berkoordinasi, komunikasi, dan kerjasama. Bagi pengurus OSDAQU, dapat meningkatkan skill para santri dalam bertugas mengatur para santri di keseharian.

Sesi kedua yang berlangsung siang harinya diisi pembekalan materi tentang kepemimpinan yang dibawakan oleh Mr Kupmin Rambe, Kepala Biro DTC. Beliau menjelaskan berbagai tipe kepemimpinan yang ada di dunia kerja, antara lain Directive Leadership, Consultative Leadership, dan Delegative Leadership. 

Dalam sesi tersebut, Mr. Kupmin membuat suasana makin hidurp lewat permainan Bintang Daqu yang beliau bawakan. Permainan ini berupa tanya jawab seputar Daarul Qur’an. Sang pemenang akan diberikan cinderamata, seperti yang diterima oleh Aufar Athallah.  

Kegiatan LDK secara khusus mempersiapkan pengurus OSDAQU dalam periode kepengurusan 2022/2023. Pembekalan ini diperlukan sebelum mereka merencanakan program kerja yang akan dibahas dalam Musyawarah Kerja (Muker) pada 3 Agustus 2022.

Selain melatih kepemimpinan di pondok, LDK ini juga diharapanan membuat para santri siap berkontribusi di masyarakat. Selain itu, para santri tetap mengembang tugas menyiarkan nilai-nilai Islam di manapun organisasi tempat mereka bernaung.

Penulis: Luthfi Hakim, Santri Pesantren Daqu Tangerang, Kelas 12