Daarul Qur’an Sabet Gelar Juara 3 Liga Santri Provinsi Banten

0
25

Sabtu (13/8), Daarul Quran keluar sebagai Juara 3 di Piala Kasad Liga Santri PSSI tingkat Provinsi Banten. Kompetisi ini sudah berlangsung sejak 9 Agustus 2022 di Stadion Maulana Yusuf Kota Serang.

Ada 8 pesantren yang berlaga. 3 pesantren dari wilayah Korem 052 Wijayakrama dan 5 pesantren wilayah Korem 064 Maulana Yusuf. Kompetisi berlangsung dengan format setengah kompetisi (babak grup dan gugur).

Di babak grup, Daarul Qur’an berhasil mengalahkan seluruh lawannya. Menghadapi PP Nurul Amal, Daarul Qur’an unggul dengan skor 4-1. Di laga selanjutnya melawan PP Ardaniyah, Santri Daqu memperoleh kemenangan dengan skor identik. Laga terakhir melawan PP Mathlaul Anwar yang menjadi penentu juara grup juga dilibas santri-santri Daqu lewat raihan kemenangan 1-0.

Di perebutan Juara 3, Daarul Qur’an dan PP Mathlaul Anwar kembali bersua. Lagi-lagi santri Daqu berhasil mempermalukan lawannya tersebut, kali ini lewat babak adu penalti, dan keluar sebagai Juara 3 Liga Santri Provinsi Banten.

Di babak normal perebutan Juara 3 Liga Santri Provinsi Banten ini pertandingan berjalan sengit dan berkesudahan dengan skor kacamata. Pertandingan pun berlanjut ke babak adu penalti.

Kelima penendang dari masing-masing tim berhasil menyarangkan si kulit bundar. Akhirnya wasit mengundi koin untuk menentukan kubu penendang dan penjaga gawang pada penalti keenam atau terakhir.

Daarul Quran mendapat keuntungan karena bertindak sebagai penendang. Pemain nomor 3, Malik Kusumo, berhasil mencetak gol. Dengan begitu Daarul Qur’an keluar sebagai pemenang.

Liga Santri Provinsi Banten berlangsung meriah dan mendapat sambutan dari kalangan pondok pesantren. Kolonel Inf Nurkhan, Danrem 064 Maulana Yusuf, menuturan jika Liga Santri sekaligus membentuk ekosistem pesantren yang kompetitif nan positif.  

“Harapan kita bersama Liga Santri 2022 Tingkat Provinsi Banten dapat menghasilkan pesepakbola handal dari Pondok Pesantren di Provinsi Banten,” terangnya.

Penulis: Farid A, Santri Pesantren Daqu Tangerang, Kelas 12.