Peringati HUT RI Ke-77, Daqu Cariu Borong Piala Lomba Hadroh, Puisi dan Nasyid

0
22

Memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 77 lalu, Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an Al-Jannah Cariu turut memeriahkan dengan ikut beragam lomba yang digelar pemerintah Kecamatan Cariu, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Lomba tersebut terdiri dari Hadroh, Baca Puisi, hingga Nasyid.

Lomba bernuansa islami ini sekaligus memperingati tahun baru hijriyah 144 H. Rangakain lomba digelar di Kantor Desa Bantarkuning, Cariu, Rabu 17 Agustus 2022, ba’da Isya.

Para santri yang turun di tiap mata lomba berhasil memukau para juri. Tim hadroh dengan syahdu bersenandung sholawat. Tim nasyid yang membawakan lagu “Aku Ingin Jadi Hafizh” membuat riuh ruangan. Sementara ananda Satria Bumi Rahayu, santri kelas 11, berhasil membuat juri berdecak kagum lewat puisi yang ia tuturkan.

Seluruh nilai pelombaan diakumulasikan. Hingga akhirnya para santri dari Pesantren Daqu Al-Jannah Cariu berhasil menempati posisi dua dalam ajang ini.

Capaian ini tak terlepas dari ikhtiar para santri. Selama satu minggu, mereka digembleng untuk mempersiapkan mengikuti kompetisi ini. Di tengah kesibukan KBM, halaqoh, hingga ekskul, mereka membuktikan kemampuannya hingga mampu membuat harum nama Pesantren Daqu Al-Jannah Cariu.

Perlombaan pada hari kemerdekaan ini diharapkan membuat para santri mampu memaknai perjuangan para pahlawan yang gigih mempertahankan tanah air tercinta. Pun juga mereka bisa mengerti arti perjuangan dan pengorbanan untuk menggapai tujuan.

Oleh: Nur Taufik Al-Ghifari, Santri Pesantren Daqu Al-Jannah Cariu, Kelas 12.