Santri Daqu Cariu Ikuti Pelatihan Jurnalistik Bersama Sindo Di Pesantren Daqu Tangerang

0
30

Tiga orang santri Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an Al-Jannah, Cariu, ikut serta dalam pelatihan jurnalistik bertema “Mengenal Lebih Dekat Ilmu Jurnalistik’’ di Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an Tangerang, Rabu (16/11).

Kegiatan ini atas kerjasama Pesantren Daqu dan Sindo News. Acara spesial ini digelar di Masjid Nabawi. Pesertanya merupakan santri kelas 12. Total seluruh peserta mencapai 120 santri.

Bertajuk “SINDO Goes to Pesantren”, para pakar jurnalistik SINDO menjadi pemateri dalam acara ini. Mereka adalah Alex Aji Saputra selaku Redaktur Pelaksana Koran Sindo, dan Ratman Suratman selaku Koordinator Fotografer MPI.

Santri Daqu Cariu bahkan berhasil mendapat penghargaan dalam agenda berlatih menulis berita di materi yang dibawakan Alex.

Acara ini dihadiri oleh Pimpinan Daarul Qur’an Direktorat Zakat dan Wakaf, Ustadz Anwar Sani yang sekaligus membuka acara dalam sambutannya.

“Mudah-mudahan santri-santri yang hadir bisa lebih berkembang lagi dengan mengenal lebih dekat ilmu-ilmu jurnalistik,” harap Ustadz Sani.

Mister Tiko Saputro dari Daqu Training Center menjadi moderator dan membawakan acara dengan ceria. Ia beberapa kali membuat suasana dipenuhi gelak tawa.

Di materi pertama, Alex mengajarkan santri dasar-dasar penulisan jurnalistik. Mulai pengertian dan alasan menjadi seorang jurnalis, juga proses yang harus dilewati seorang jurnalis.

Masuk di sesi kedua, Ratman Suratman yang telah melanglang buana ke berbagai daerah gentian memberikan ilmu fotogrfi pada para santri.

Ia menerangkan, terkadang ketika menjadi jurnalis foto harus menomor duakan perasaan. Karena seorang jurnalis harus mendapatkan momen untuk dilaporkan.

Di akhir acara, Puguh Hariyanto selaku Wakil Pemimpin Redaksi SINDOnews.com tak ketinggalan memberikn motivasi pada para santri.

Ia mengatakan, “Apapun pekerjaan kita, kalau kita fotografer tugasnya, memotret, memotret, dan memotret. Begitupun pekjerjaan yang lain.”

Terakhir acara ditutup dengan do’a oleh Ustadz Hasan Aziz yang ilanjutkan foto bersama.

Semua santri yang hadir merasa senang atas diadakannya acara ini.

“Sebuah materi yang sangat bagus mengenai skill, karena pengaruhnya sangat besar untuk memilih pekerjaaan setelah lulus,” kenang Alwan, santri kelas 12 Pesantren Daqu Tangerang.

Penulis: Muhammad Hidaya Nur Fadil, Kelas 10 SMA Pesantren Daqu Al-Jannah Cariu

Fotografer: Nur Taufik Al-Ghifari, Kelas 11 SMA Pesantren Daqu Al-Jannah Cariu