Euro Edutrip IKADAQU: Mengunjungi Dua Kampus di Belanda dan Prancis Hingga Tempat Terkenal

0
25

Pada hari kamis (02/10/2023) pukul 00:20 penulis serta 27 peserta Europe Edutrip 2023 yang lain di pesawat bersiap bertolak dari Bandara Soekarno-Hatta untuk transit di Qatar sebelum menuju Belanda.

Rombongan peserta Europe Edutrip yang digelar iIkatan Alumni Daarul Qur’an atau IKADAQU ini terdiri dari 16 santri termasuk penulis, 5 santriwati, 1 pembimbing beserta 5 pendamping, dibimbing langsung oleh ustadzah Dina Anggraini.

Dengan izin Allah SWT, rombongan lantas tiba di Bandara Schipol Belanda jam 1:30 siang waktu setempat setelah kurang lebih 13 jam perjalanan.

Europe Edutrip digelar dalam rangka mewujudkan cita-cita Daarul Qur’an yaitu “Dream Daqu Dream 5 Benua”.

Peserta Europe Edutrip diajak mengunjungi dan membentuk relasi dengan Universitas ternama dunia yang ada di Belanda dan Prancis, yakni Erasmus University dan Leiden University di Belanda.

Hari pertama tiba di Belanda kami langsung diantar oleh Tuan Ali, guide sekaligus supir bus kami selama di Belanda, ke Universitas Erasmus yang terletak di Kota Rotterdam.

Setibanya di Erasmus kami disambut oleh ketua BEM Erasmus dan asistennya yang memberikan kami presentasi khusus.

Usai suguhan kopi hangat yang menghidupkan suasana, kami diajak keliling perpustakaan, gedung asrama hingga setiap sudut kampus.

Kami juga mengunjungi gedung asrama bernama Hatta yang diambil dari wakil presiden pertama Indonesia, yakni Drs. Moh. Hatta, yang juga lulusan Universitas Erasmus.

Sepulang dari Erasmus kami jalan-jalan mengunjungi tempat-tempat terkenal, salah satunya ke stadion milik klub kebanggan masyarakat Amsterdan, Ajax Amsterdam.

Tour stadion yang menyenangkan itu cukup membuat tenaga kami terkuras. Selanjutnya, kami pun kembali ke hotel Van Der Valk di kota Schiphol ketika menjelang malam untuk beristirahat.

Hari kedua datang. Diawali dengan sarapan di hotel, kamipun bergegas Bersiap untuk melanjutkan perjalanan ke Universitas Leiden yang ada di kota Leiden.

Setelah seharian keliling kampus, kami menyempatkan sholat berjama’ah di Masjid Al-Hijra. Perjalanan hari kedua dicukupkan, kami kembali lagi ke hotel untuk menikmati malam sebelum istirahat.

Hari ketiga kami awali dengan sarapan yang banyak karena hari ini banyak tempat yang kami kunjungi di berbagai kota.

Pertama-tama kami mengunjungi pabrik keju di kota Zaanse Schans kemudian mengunjungi pusat oleh-oleh di kota pinggir laut Volendam lalu menghabiskan sisa hari di kanal-kanal tua Ibu kota Belanda.

Pada hari keempat setelah sarapan kami mulai mengangkut kembali koper kami ke bus karena bersiap meninggalkan Belanda menuju Perancis melalui Belgia.

Rombongan kami menyempatkan diri untuk makan siang dan foto-foto di kota Brussel, Belgia. Kami juga menyempatkan diri untuk beli oleh-oleh sebelum berangkat ke kota Paris.

Bus tiba di kota Paris jam 22.00 waktu setempat. Setelah menaruh koper beserta barang bawaan di hotel, kami langsung menuju stasiun untuk menaiki kereta bawah tanah menuju Menara Eiffel.

Alhamdulillah tidak hanya menara Eiffel, monumen Arc de Triomphe pun sempet rombongan kunjungi untuk mendapatkan foto malam.

Esok paginya kami berkesempatan mengelilingi kota Paris, mengunjungi kembali menara Eiffel dan Arc de Triomphe lagi, lalu masuk ke Museum Louvre yang terkenal.

Sama seperti di Belanda, kami juga mengunjungi salah satu stadion terbesar dan termegah di Eropa sekaligus markas klub kebanggaan masyarakat Kota Paris, yakni Paris Saint-Germain.

Pada sore hari kami menghabiskan waktu di sekitar pusat perbelanjaan Lafayette sebelum menuju Bandara Paris untuk berpulang ke tanah air.

Penulis: Ibrahim varkan, peserta Europe Edutrip 2023, Santri Pesantren Daqu Tangerang kelas 12