Ayo Bereksperimen! Belajar pun Jadi Menyenangkan!

0
44

Dalam proses pendidikan di sekolah, melalui belajar, guru mempunyai tanggung jawab untuk mewujudkan tujuan pendidikan. Kegiatan belajar yang baik adalah yang mampu membuat siswa antusias. Dengan begitu, pelajaran akan lebih mudah diterima oleh siswa.

Pembelajaran bisa dilakuan dengan menyenangkan. Di sini, kreativitas guru diperlukan. Seperti salah satunya yang dilakukan di SD Fullday Daarul Qur’an Semarang.

Siswa-siswi SD Fullday Daarul Qur’an Semarang melakukan serangkaian eksperimen sains. Eksperimen terdiri dari membuat playdouh, menguji warna primer & sekunder, serta mengetahui berat jenis benda.

Untuk melakukan eksperimen percobaan ini ananda cukup menggunakan alat dan bahan yang sederhana. Kegiatan ini sekaligus mengisi waktu pasca ujian.

Pada grade 1 & 2 ananda membuat playdough. Alat dan bahan yang digunakan antara lain sendok, mangkok plastik, serta sarung tangan plastik.

Sementara itu, bahan-bahan yang digunakan dapat ditemui sehari-hari. Bahan tersebut seperti tepung terigu, garam halus, air hangat, pewarna makanan, dan minyak sayur.  

Berikut cara membuat playdough:

  1. Campur tepung dan garam dalam mangkuk besar
  2. Dalam mangkuk terpisah, campurkan air, beberapa tetes pewarna makanan, dan minyak
  3. Tuang air berwarna ke dalam campuran tepung dan aduk rata dengan menggunakan sendok atau tangan juga boleh
  4. Uleni selama beberapa menit untuk membentuk adonan yang halus dan lentur
  5. Jika menginginkan warna yang lain, pewarna bisa dicampur (sambil belajar warna)
  6. Playdough siap dimainkan

Pada grade 3, ananda bereskperimen dengan warna. Mereka menguji warna primer dan sekunder. Alat dan bahan yang digunakan antara lain gelas plastik, tisu, air, dan pewarna makanan (warna kuning, merah, biru).

Langkah-langkah percobaannya sebagai berikut:

  1. Isi 3 gelas plastik dengan air
  2. Masing-masing gelas diberi warna merah, kuning, dan biru
  3. Buat barisan gelas dengan format gelas berisi cairan merah, gelas kosong, gelas berisi cairan kuning, gelas kosong, gelas dengan cairan biru, gelas kosong
  4. Masukkan gulungan tissue di antara 2 gelas
  5. Perhatikan campuran warna yang terjadi

Pada percobaan ini, tisu menyerap campuran air dan pewarna karena adanya daya kapilaritas. Kesimpulannya, warna inti adalah warna merah, kuning dan biru. Warna tambahan berupa warna hijau. Kemudian ada beberapa warna campuran dengan rincian sebagai berikut: 

1. Merah + kuning = orange

2. Kuning + Biru = hijau

3. Biru + Merah = Ungu

Untuk Grade 4 & 5, eksperimen yang dilakukan yaitu menguji berat jenis benda. Alat dan bahan yang digunakan antara lain gelas plastik/gelas bening 2 buah, minyak goreng 100 ml, pewarna makanan merah, kuning, biru dan hijau, serta air.

Langkah-langkah percobaannya yaitu:

  1. Masukan minyak ke dalam gelas
  2. Masukan pewarna makanan ke dalam minyak sekitar 5 tetes, lalu aduk sampai rata
  3. Masukkan campuran tersebut ke dalam air
  4. Perhatikan apa yang terjadi

Dari percobaan tersebut dapat disimpulkan bahwa massa jenis minyak lebih ringan dari pada air, sehingga lapisan minyak berada di atas lapisan air.

Selanjutnya massa jenis pewarna yang berbahan dasar air lebih berat dari pada minyak, sehingga pewarna memisahkan diri dan turut menyatu dengan air yang berat jenisnya sama.

Eksperimen-eksperimen tersebut tentunya mengasah kecerdasan dan kreativitas anak. Eksperimen ini juga meningkatkan daya imajinasi siswa serta mengasah kemampuan motorik halus. Yang terpenting, anak merasa senang sehingga pelajaran yang diberikan mampu diserap dengan baik.