Evaluasi Perkembangan Ananda dalam Pembagian Serentak Progress Report Semester Genap KB-TK Daarul Qur’an

0
51

Laporan perkembangan atau progress report siswa akhir semester tahun ajaran 2021-2022 serentak dilakukan di KB-TK Daarul Qur’an baik Tangerang, Bassura City, Kalibata City, Semarang, Banyuwangi dan Sragen, Jum’at (24/6). . Pembagian progress report ini mendandakan kegiatan belajar mengajar sudah berjalan satu semester (6 bulan).

Pembagian progress report dipandu langsung oleh kepala sekolah masing-masing Unit. Wali murid akan diarahkan menuju kelas ananda masing-masing. Selain pembagian progress report, wali murid juga akan berkonsultasi dengan wali kelas.

Ditemui di kelas TK A KB-TK Daarul Qur’an Tangerang, Miss Leha selaku wali kelas menyampaikan bahwa pada progress report para wali murid secara bergantian mendapatkan informasi perkembangan pencapaian ananda selama satu semester.

“Kemudian orang tua dipersilahkan berkonsultasi terkait keadaan ananda, baik perkembangan maupun karakter,” jelasnya.

Dalam pelaporan perkembangan siswa, guru mengumpulkan hasil kegiatan selama satu semester di setiap area bermain (anekdot). Ada enam aspek yang distimulus, yaitu:

  1. Nilai-nilai moral dan Agama
  2. Sosial, Emosi dan Kemandirian
  3. Seni
  4. Kognitif
  5. Fisik dan Motorik
  6. Bahasa


Guru dan dan wali murid dapat bekerjasama dalam menstimulus perkembangan anak menjadi lebih baik. Salah satu langkah menuju perkembangan anak yang efektif adalah dengan membangun sistem pengumpulan data yang sistematis.

Salah satu wali murid dari ananda Nadif, yaitu Bunda Nabila menyampaikan, ia merasa senang dengan perkembangan anaknya di KB-TK Daarul Qur’an Tangerang.

“ini ketiga kalinya mengambil progress report. Secara motorik halus dan kasarnya, Alhamdulillah, meningkat. Hanya saja percaya diri Nadhif memang agak kurang. Sehingga ini menjadi PR bersama antara orang tua dan guru,” terangnya.

Ia melanjutkan, “Alhamdulillah sekolah ini sangat luar biasa. Peduli terhadap perkembangan ananda dan perkembangan ananda pun semakin membaik. Hapalan semakin bertambah, kecerdasan semakin meningkat, banyak kosa kata baru yang bertambah, semakin banyak ingin tahu. Dilihat dari progress report ini, memang benar adanya keseharian ananda banyak meningkat dalam segala aspek.

“Untuk ayah bunda, Daqu adalah tempat yang tepat untuk menitipkan anak belajar, mengenal keseharian dan membangun karakter anak baik dari segi tahfizh Qur’an maupun dalam segi lingkungan. Alhamdulillah, saya melihat perkembangan anak saya, terlebih pendidikan karkekter, itu luar biasa. Ini juga berkat sinergi antara orang tua dan guru,” tukas Bunda Nabila.

Dengan adanya pembagian progress report ini, diharapkan orang tua lebih memahami pola asuh anak usia dini. Kemudian juga bisa berisinergi dengan sekolah perihal pola mendidik buah hati di rumah, serta adanya kerjasama antara orang tua dan sekolah agar pola pendidikan karakter anak usia dini di seluruh unit KB-TK Daarul Qur’an berjalan dengan baik.