fbpx
id info@daqu.sch.id 021-2789-9696

SD SMP SMA Boarding

Program pendidikan Boarding di Pesantren tahfizh Daarul Qur’an merupakan sistem pendidikan di mana para santri tidak hanya belajar, tetapi juga bertempat tinggal dan hidup menyatu di pesantren selama masa studi. Pendidikan pesantren atau boarding school memberikan penanaman akhlak dan karakter pada anak. Juga memberikan pendidikan kehidupan sesuai dengan ajaran Islam.

Pendidikan Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an dengan sistem boarding (asrama) ada beberapa tingkat pendidikan, diantaranya :

  • SD Shigor  Adalah jenjang pendidikan dasar setara SD/MI. Masa pendidikan selama 6 tahun dengan materi pembelajaran menggunakan kurikulum khas Daarul Qur’an. Masuk pendidikan SD Shigor bisa mulai dari kelas 1 atau bisa pindahan maksimal kelas 5 SD.
  • SMP-SMA  Adalah jenjang pendidikan menengah yang menggabungkan kurikulum khas Daarul Qur’an dengan kurikulum formal dari Pendidikan Nasional (diknas). Dengan masa pendidikan selama 6 tahun untuk santri yang masuk dari kelas 7 SMP atau 4 tahun untuk santri yang masuk mulai dari SMA. Santri yang masuk dari SMA akan menjalani pendidikan i’daad selama satu tahun, yaitu pendidikan khas daqu yang fokus pada tahfizhul qur’an dan dirosah islamiyah untuk kemudia dii tahun ke-2 baru masuk kelas 10 SMA.
  • I’daad Kibar Untuk santri yang yang masuk mulai dari tingkat SMA Daarul Qur’an akan menjalani pendidikan I’daad selama satu tahun sebelum memasuki pendidikan formal di tingkat SMA Daarul Qur’an. Jadi total masa pendidikan salam 4 tahun.  Di I’dad santri akan di berikan target hafalan sebanyak 15 juz minimal sebagai salah satu syarat agar bisa melanjutkan pendidikan ke SMA Daarul Qur’an.