Santri dan Asatidz Pesantren Daqu Lampung Ikuti Pelatihan Tahfizh dari LSP Daarul Qur’an

0
25

Senin, 24 Januari 2022, Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an Lampung mengadakan kegiatan pembelajaran tahfizh dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Daarul Qur’an. Setelah tempo hari mengadakan upgrading asatidz tahfizh dan pengasuhan, kali ini Pesantren Daqu Lampung kembali mengadakan kegiatan yang berfokus pada pembelajaran kaidah tajwid Al-Qur’an. Kegiatan tersebut diikuti oleh 11 asatidz tahfizh dan seluruh santri kelas 9.

Kegiatan LSP dibagi mejadi dua tempat. Yang pertama tempat pembelajaran khusus untuk asatidz tahfizh yang diisi oleh Ust. Hamzah di sesi pertama dan Ust. Sudarsono pada sesi kedua. Ada beberapa materi yang diajarkan kepada asatizd tahfizh yaitu tentang makhroj dan sifat-sifat huruf dengan tujuan menambah wawasan serta diharapkan dapat diaplikasikan pada halaqoh masing-masing.

Sementara santri kelas 9 berada di aula lantai 3 pesantren yang diisi oleh Ust. Sudarsono. Mereka diajarkan kaidah tajwid Al-Qur’an seperti hukum-hukum waqof dan bacaan ghorib.

Terlihat antusiasme dari santri kelas 9 yang mengikuti kegiatan LSP ini. Banyak santri yang termotivasi dengan kegiatan ini karena melihat banyaknya kakak kelas yang telah mendapat sertifikat dari LSP Daarul Qur’an. Mereka berharap dengan adanya program ini dapat menambah wawasan dan ilmu tentang Al-Qur’an. Karena sejatinya seluruh santri hidup berdampingan dengan Al-Qur’an.

Ustadz. Nuril Abidin selaku kepala tahfizh Pesantren Daqu Lampung menngatakan, kegiatan ini terbilang berlangsung singkat untuk santri kelas 9. Mereka mengikuti pembelajaran dari LSP Daarul Qur’an mulai ba’da Subuh sampai pukul 07.30 WIB.

Sejatinya, lanjut Utsdaz Nuril, proses pembelajaran materi ini memerlukan waktu yang cukup lama agar bisa mendapat hasil yang maksimal. “Meski begitu saya berharap untuk santri kelas 9 agar bisa mengambil ilmu yang telah diberikan pemateri supaya dapat di praktekan dalam menghafal Qur’an sehari-hari,” ungkapnya.

Ustadz Nuril juga berharap agar kegiatan ini dapat berlangsung berkala. Selain itu, ia berharap kegiatan ini juga bisa diikuti seluruh SDI Pesantren Daqu Lampung.

Penulis: Huda, Asatidz Pesantren Daqu Lampung