Pesantren Daqu Tangerang Gelar Upacara Memperingati Hari Kemerdekaan RI ke-77 Tahun & Khutbatul Iftitah

0
18

Setiap tanggal 17 Agustus merupakan hari di mana negara kita menyatakan kemerdekaanya. Di tahun 2022 ini, Indonesia memasuki usia 77 tahun. 

Dari Sabang sampai Merauke merayakan hari yang menyatakan kebebasan atas penjajahan di negara kita. Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an Tangerang turut menyemarakkan hari bersejarah ini dengan menggelar Upacara Bendera.

Upacara ini diadakan di lapangan futsal dan basket pondok, Rabu (17/8/2022). Para santri membuat barisan sesuai dengan daerah asal masing-masing, dari Papua. 

Pimpinan Umum Daarul Qur’an, KH. Yusuf Mansur datang kemudian langsung menyambut para santri dan tamu. Seluruh Pimpinan Daqu pun turut hadir bersama beliau, KH Ahmad Jamil selaku Pimpinan Direktorat Pendidikan, Ustadz Anwar Sani selaku Pimpinan Direktorat Zakat dan Wakaf, Ustadz Tarmizi Ashidiq selaku Pimpinan Direktorat Ekonomi, serta KH Ahmad Kosasih selaku Dewan Syariah.

Komandan Upacara kali ini merupakan santri kelas 12 yang gagah berseragam Angkatan Laut. Sementara itu, Inspektur Upacara ialah Pimpinan Daqu Direktorat Pendidikan, KH. Ahmad Jamil. 

Sang Merah Putih pun berkibar, dikawal Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) dengan gagah. Hingga Sang Saka naik, seluruh peserta upacara terharu. Kyai Jamil pun meminta para hadirin bertepuk tangan dengan meriah.

Kyai Jamil dalam amanatnya berpesan agar kita selalu bersyukur. Nimmat yang Allah SWT berikan berupa kemerdekaan patutlah dimaknai sebagai perjuangan banyak aspek. Kebebasan berdakwah, beraktivitas, belajar, serta lainnya. 

“Jadi bersyukur itu ialah ketika kita menyadari bahwa apa yang kita peroleh semuanya berasal dari Allah SWT,” terang Kyai Jamil. 

Dalam kesempatan ini beliau juga mengajak kita menyongsong 20 tahun Daarul Qur’an. Tentu Daarul Qur’an akan senantiasa berikhtiar menelurkan generasi yang gemilang. 

Belum selesai gemerlap HUT RI Ke-77 Indonesia di Pesantren Daqu Tangerang. Acara berlanjut dengan Khutbatul Iftitah (Khufah) atau Pembukaan Tahun Ajaran Baru 2022/2023. 

Acara diisi dengan penampilan-penampilan ekstrakurikuler yang ada di Pesantren Daqu Tangerang. Dibuka dengan pelepasan balon oleh ayahanda Kyai Yusuf Mansur, kemeriahan pun berlanjut hingga menjelang tengah hari. 

Grand Opening Khufah yang dibawakan Kelas 12 yang menampilkan keanekaragaman bangsa serta drama singkat tentang kemerdekaan negara. Penampilan ini diiringi lagu Wonderland Indonesia karya Alffy Rev.

Setelah dibuka dengan meriah dilanjutkan dengan penampilan Marching Band Gemanadaqu yang beberapa waktu lalu tampil di acara festival internasional di Belanda serta Jakarnaval di Ancol, Jakarta Utara. 

Ekskul Persada selanjutnya menampilkan kemampuan akrobatik yang sangat menantang dan menghibur. Persida pun tak mau ketinggalan menampilkan atraksi ekstrim seperti melewati cincin api hingga mematahkan 15 batu balok dengan satu pukulan.

Penampilan ekskul dalam Khufah ditutup oleh aksi ekskul memanah. Dengan kuda yang gagah, para kesatria ini membidik target yan telah ditentukan.

Peringatan kemerdekaan tahun ini amat bermakna bagi Bangsa Indonesia. Tahun ini terbilang tahun pemulihan pasca pandemi melanda. Karena itu, tajuk “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat” disematkan di momen saktal tahun ini. Ini sekaligus motivasi bagi anak bangsa agar jangan pernah putus asa dalam kondisi apapun.

Penulis : Luthfi Hakim, Santri Pesantren Daqu Tangerang, Kelas 12