Gema Takbir dan Sholawat Menyambut Ramadhan di Daqu Lampung

0
36

Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan Seluruh santri dan asatidz Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an Lampung menggelar kegiatan Tarhib Ramadhan pada Selasa, 21 Maret 2023.

Tarhib Ramadhan, secara harfiah, adalah ungkapan selamat datang atas kedatangan seseorang atau kehadiran sesuatu yang indah.

Sama dengan ungkapan “Marhaban”, Tarhib Ramadhan memiliki makna “Aku sambut engkau dengan penuh kelapangan hati dan pikiran, juga dengan seluruh jiwa dan ragaku.”

Tarhib Ramadhan adalah salah satu agenda rutin tahunan Pesantren Daqu Lampung yang untuk memeriahkan dan menyambut datangnya bulan suci Ramadhan.

Melewati rumah-rumah perkampungan warga sekitar pesantren, Tarhib Ramadhan selalu memberikan kesan tersendiri bagi warga sekitar.

Terbukti dengan adanya warga yang antusias melihat dan mengabadikannya di smartphone masing-masing.

Sambutan dengan tepuk tangan dari warga sekitar makin meriahkan Tarhib Ramadhan. Tak sedikit warga yang ikut dalam barisan tarhib bejalan bersama santri dan asatidz.

Tarhib Ramadhan juga dihiasi oleh aneka kreasi tulisan santri di kertas karton, seperti “Marhaban yaa Ramadhan” ada juga yang menuliskan “Selamat Menunaikan Ibadah Puasa” bahkan sampai tulisan “Kangen Masakan Ibu”.

Sebelum terhib, Ustadz Rizky selaku kepala pengasuhan santri mengatakan dalam sebuah hadist yang Artinya: “Barang siapa bergembira dengan masuknya bulan Ramadhan, maka Allah akan mengharamkan jasadnya masuk neraka.”(Riwayat dalam kitab Durrat An-Nasihin)

Ini menjadi motivasi santri untuk bersemangat menyambut datangnya bulan suci Ramadhan. Tarhib Ramadhan ini sekaligus menjadi salah satu syi’ar pesantren dalam berdakwah.