Haru dan Bangga di Itqonul Hifz ke 7: Ajang Apresiasi Santri Bersanad, Mutqin Qur’an dan Matan Tajwid

0
29

Atas dasar berlomba-lomba dalam kebaikan dan memberikan apresiasi, Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an Tangerang mengadakan Itqonul hifzh pada hari Jum’at 29 september 2023 di masjid An Nabawi Daarul Quran Tangerang.

Itqonul hifzh merupakan acara pemberian sanad serta apresiasi bagi santri yang telah menghafal Al quran dan matan tajwid tertentu. Agar bisa menjadi peserta Itqon, maka santri harus berhasil lancar diuji oleh masyaikh yang bersanad.

Karena Itqonul hifzh merupakan acara untuk mengapresiasi santri, wali santri pun hadir.

Pada Itqonul hifzh ke 7 yang diketuai Ustadz Gilang Gymnastiar kali ini terdapat 216 peserta dari SMP hingga SMA yang berhasil lulus tes.

Acara dimulai setelah isya dengan diawali pembacaan Matan Tuhfatul Athfal dan Matan Jazari oleh perwakilan peserta.

Kemudian dilanjut dengan sambutan oleh Gurunda Ahmad Jamil. Beliau berkata bahwa sahabat Ubay bin Ka’ab namanya disebut oleh Allah SWT karena punya hafalan Al quran.

Selepas sambutan dari Gurunda Ahmad Jamil, acara dilanjut dengan pemberian ijazah sanad.

Pemberian ijazah dibacakan langsung di depan semua hadirin oleh masyaikh yang memberikan sanad yang terhubung hingga Rasulullah SAW.

Selepas pembacaan sanad, sudah saatnya yang ditunggu-tunggu oleh para peserta tiba yaitu pemberian piagam sanad.

Masing-masing peserta disebut namanya satu persatu untuk maju ke panggung untuk diberikan penghargaan dan foto bersama para syaikh beserta pimpinan.

Kemudian Ayah Yusuf Mansur memberikan sedikit wejangan atas usaha para peserta itqon. “Sabar adalah proses dari menghafal dan malam ini adalah hasilnya,” ungkap ayah Yusuf Mansur.

Acara kemudian ditutup. Seketika itu pula para wali santri berhamburan memeluk anaknya yang menjadi peserta itqon.

Penulis: Ibrahim Varkan, Santri Pesantren Daqu Tangerang kelas 12