Pesantren DaQu 1 month ago
Pesantren DaQu Verified #DaQu Update

Pesantren Daqu Gelar TOT untuk Tingkatkan Kompetensi Pengajar Bahasa Arab

Pesantren Tahfzih Daarul Qur’an bekerjasama dengan Arabic Lingual Center (ARLIC) Indonesia menggelar pelatihan pengajaran Bahasa Arab bagi para asatidz dan asatidzah pengajar Bahasa Arab. Training of Trainer (TOT) ini sekaligus upaya meningkatkan kompetensi para pengajar.

Kegiatan dilaksanakan di Gedung Al-Fath, Pesantren Daqu Tangerang, Kamis (6/8/2021). Pengajar Bahasa Arab dari Pesantren Daqu Tangerang, Cikarang, serta Shigor Putra dan Putri hadir langsung di lokasi acara. Sementara para pengajar dari berbagai cabang menyimak materi lewat Zoom Meeting.

TOT dibagi dua sesi. Sei pertama diisi oleh KH Ahmad Murodi, penerjemah resmi Biro Penerjemah Al-Kautsar yang malang melintang dalam rombongan penerjemah eksekutif. Di sesi kedua giliran pengajar Bahasa Arab kaliber intrenasional asal Yaman, Dr. Faris Al Badr.

TOT ini menggunakan bahan ajar kitab Silsilah Al-Lisan yang diracik untuk memudahkan pelajar Bahasa Arab, mulai tingkat dasar hingga lanjutan. Ustadz Alim Gema Alamsyah, Kepala Biro Luar Negeri, selaku penanggung jawab kegiatan, mengatakan, TOT ini difokuskan untuk meningkatkan kemampuan dasar para pengajar maupun pelajar Bahasa Arab.

“Lebih difokuskan terhadap maharot atau kemampuan dan metode. Metode mendengar, berbicara, membaca, serta menulis,” terang beliau.

Salah satu pengajar Bahasa Arab yang berkhidmad di Pesantren Daqu Putri Cikarang, Ustadzah Nurul Syifa, mengakui terbantu dengan adanya TOT ini. Dirinya yang tidak berbasic pengajar Bahasa Arab pun difasilitasi untuk beradaptasi dengan lingkungan pengajar Bahasa Arab.

“Harapannya tiap tahun dilaksanakan seperti ini. Ini sangat penting karena banyak ilmu pelajaran Bahasa Arab, terutama tata cara mengajar Bahasa Arab yang baik dan benar,” tuturnya.

Pelatihan seperti ini memang digalakkan Daarul Qur’an sebagai ikhtiar memberikan pengajaran terbaik bagi para santri maupun pelajar di lingkungan pendidikan Daarul Qur’an. Selain pelatihan, unit pendidikan Daarul Qur’an juga banyak melakukan kerjasama peningkatan kualitas pendidikan.

Sebelum pelaksanaan TOT, diadakan pula Focus Group Discussion (FGD) antara pembina pengajar Bahasa Arab dengan fasilitator pelatihan, ARLIC, Kamis (29/7/2021), di Institut Daarul Qur’an, Jl. Cipondoh Makmur Raya, Tangerang. Hal ini penting sebagai landasan menyamakan visi pelatihan yang akan digelar.

Gebyar Muharram Pesantren Daqu Lampung, Berbagi Bersama Anak-Anak Yatim

Pesantren DaQu
3 days ago

Shigor Putri Gelar Penyuluhan Kesehatan Gigi untuk Para Santri

Pesantren DaQu
3 days ago

Pesantren Daqu Putri Cikarang Gelar Vaksinasi Dosis Pertama

Pesantren DaQu
6 days ago

Daarul Qur’an Jalin Kerjasama dengan IJF pada Bidang Pendidikan, Sosial, dan Pariwisata

Pesantren DaQu
1 week ago