Masjid Nabawi Gelar Pengajian Perdana Tafsir Assya’rowi

Home - Berita - Masjid Nabawi Gelar Pengajian Perdana Tafsir Assya’rowi
KH. Muhajirin Abdul Qodir, MA

Setiap hari dalam shalat kita membaca basmalah. Ditambah lagi bacaan di luar shalat. Namun, banyak yang belum faham apa maksud kalimat basmalah.

”Di sinilah pentingnya kita ngaji tafsir, membaca bismillah itu, supaya kita tidak putus dengan Allah,” kata KH Muhajirin Abdul Qodir dalam Pengajian Akhir Pekan di Masjid Nabawi, Pesantren Tahfidz Daarul Quran Cipondoh, Tangerang, Sabtu (19/9).

Pengajian rutin yang digelar setiap Sabtu pagi pukul 09.00-11.00 WIB pada pekan pertama dan ketiga ini memang memfokuskan pada kajian Tafsir Assya’rowi karya Syeikh Mutawalli Assya’rowi.

“Pengajian Tafsir Assya’rowi Kami selenggarakan untuk memenuhi kebutuhan jamaah dalam rangka mengoptimalkan serta memperkaya khasanah keilmuan yang kontinyu, runut sampai tuntas ayat demi ayat,“ terang Ketua Penyelenggara Kajian Mahfud dari Biro Dakwah Yayasan Daqu Nusantara.

Dalam kajian perdana tersebut, KH Muhajirin yang juga Kepala Sekolah SMA Daarul Quran, mengupas Surat Alfatihah mulai ayat Basmalah.

Ustadz Hendy Irawan Saleh, Kepala Biro Dakwah Yayasan Daqu, mengatakan, sesekali kajian juga akan menghadirkan pembicara tamu.

Pengajian yang diikuti karyawan Daarul Quran dan jamaah umum tersebut. disiarkan langsung oleh Tahfidz TV.

Tampak para peserta mengikuti dengan antusias. “Alhamdulillah, saya ingin ngaji istiqomah, tidak hanya ngaji baca, tapi memperdalam maknanya satu persatu sehingga saya dapat lebih meningkatkan keimanan serta semangat dalam menopang kehidupan ini,” tutur Ahmad Muzani dari Cimone, Tangerang.

”Saya tidak mau ketinggalan ngaji ayat-perayat ini. Saya akan ajak teman-teman kantor untuk ikut ngaji juga,” ujar Ny Sholehatun dari Cengkareng.

Dalam sesi dialog, muncul pertanyaan dari peserta seperti bagaimana cara membaca bismillah dalam shalat; Apa rahasia di balik bacaan basmalah dengan tidak dicantumkannya hamzah di depannya; Bagaimana ketika kita lupa membaca basmalah.

Syekh Muhammad Mutawalli Asy-Sya’râwi (16 April 1911 – 17 Juni 1998) ahli tafsir Alquran asal Mesir yang terkenal.  Beliau memiliki kemampuan menjelaskan tafsir dengan bahasa mudah dan sederhana. (Fud)

%d blogger menyukai ini: